/* Proteksi Blog dari Copy Paste */ Azizan Linata Tour & Travel: Tips WISATA HEMAT KARIMUNJAWA

Tips WISATA HEMAT KARIMUNJAWA



Kepulauan Karimunjawa adalah gugusan pulau berpasir putih yang sangat indah. Pulau impian ini merupakan Kepulauan yang berada dibawah Pemerintahan Kabupaten Jepara. Pulau ini memiliki 27 pulau dimana semua Pulaunya berpasir putih. Karena beningnya perairan disini ditambah udara yang masih segar tanpa polusi maka pulau ini dijuluki “PERAWAN JAWA”


karimunjawa1.jpg
Apabila anda ingin mengunjungi pulau ini dengan memanfaatkan jasa Biro Perjalanan Wisata nampaknya anda harus lebih berhati-hati dalam memilih Biro Perjalanan Wisata anda. Karena pelayanan yang  tidak sesuai dengan kesepakatan yang dijanjikan, banyak konsumen yang merasa kecewa. Konsumen dan sesama pengelola biro perjalanan wisata yang lain tentu saja merasa dirugikan dengan hal ini.
Karena kecewa, akhirnya banyak konsumen yang  memilih untuk mengelola sendiri perjalanan wisatanya, walaupun pengelolaannya  agak ribet/repot dan tidak seprofesional sebuah biro perjalanan wisata .
Biro perjalanan wisata dengan sedikit complain adalah biro wisata yang baik. Dibutuhkan komunikasi antara klien dan biro perjalanan agar kedua pihak bisa sama-sama puas.
Ada baiknya apabila anda:
  1. Mengenali betul hotel yang akan anda tinggali selama di Karimunjawa. Minimal melihat-lihat melalui internet.
  2. Memastikan anda membayar hotel yang benar-benar anda lihat. Pelajari syarat dan ketentuan yang diberikan.
  3. Meminta  TL (tour Leader) yang berwawasan luas tentang Karimunjawa sehingga anda bisa bertanya seputar  tempat wisata yang asyik dan bisa dibimbing mengenai tekhnik snorkeling,diving dan lain-lain. Biasanya beberapa perusahaan memberikan kursus kepada karyawannya.
  4. Mencari harga yang sesuai dengan penawaran wisata dan jangan cari harga yang murah dengan iming-iming fasilitas yang memadai.
  5. Meneliti lebih lanjut mengenai tanggung jawab Biro Perjalanan Wisata seandainya karena suatu sebab perjalalnan anda terpaksa dibatalkan/ditunda kepulangannya karena alasan tekhnis oleh pihak penyedia  jasa layanan kapal.
  6. Meminta referensi dari teman,saudara , atau kenalan  anda yang pernah berwisata ke karimunjawa untuk menentukan paket wisata apa yang akan anda beli.

Teliti sebelum membeli adalah tips terbaik bagi anda untuk memilih dengan Biro Perjalanan Wisata mana anda ingin melewati liburan anda. Sebaiknya jangan tergiur dengan harga yang murah tetapi jangan juga menganggap harga mahal adalah yang terbaik.

  1. Memilih paket wisata yang semuanya sudah include termasuk paket wisata, makan, transportasi, termasuk tiket masuk ke tempat-tempat yang akan anda kunjungi, penggunaan peralatan(snorkeling,diving) , transportasi darat di karimunjawa (tidak ada kendaraan umum di karimunjawa)dan biaya untuk makan,snack,minuman selama anda berwisata. Jangan sampai anda tergiur harga murah tetapi lebih banyak lagi biaya yang harus anda keluarkan di lokasi wisata sehingga budget anda menjadi membengkak. Selain itu apabila semua sudah ada,anda tinggal enak berwisata. Bayangkan bila anda mengurus semuanya sendiri, pasti anda akan direpotkan dengan mencari tiket kapal,  kapal/mobil untuk tour, jemputan dari dermaga, guide, dan urusan katering karena di karimunjawa belum terdapat restoran.
  2. Terkadang terlalu banyak tempat yang dicantumkan tetapi dalam periode waktu yang singkat sehingga tidak memungkinkan untuk mengunjungi seluruh tempat tersebut  sehingga sebaiknya anda membandingkan antara waktu dan tempat.
  3. Menjaga barang bawaan anda selama berwisata. Jangan sampai anda lengah karena terlalu menikmati pulau ini.
  4. Mengkomunikasikan keinginan,keluh kesah anda kepada Biro Perjalanan Wisata anda. Bagaimanapun komunikasi penting diantara kedua belah pihak.
Agar lebih terjangkau mungkin anda bisa naik Naik kapal KMP MURIA dengan harga tiket kelas ekonomi Rp 28.500/orang sedangkan VIP dibandrol dengan harga sekitar Rp 70.000'an. Anda juga bisa membawa motor untuk berkeliling karimunjawa dengan membayar biaya tambahan sebesar Rp 34.500/ motor. Kapal ini berangkat dari Jepara menuju Karimunjawa dengan waktu tempuh kurang lebih 6 jam. Namun anda tidak perlu khawatir karena, anda bisa menikmati pemandangan indah melalui kapal yang bisa anda abadikan melaui kamera sepanjang perjalanan . Jadwal keberangkatan kapal ini dari JEPARA - KARIMUNJAWA adalah setiap hari Senin, Rabu dan Sabtu pukul 09.00 WIB sedangkan dari KARIMUNJAWA-JEPARA adalah setiap hari Selasa, Kamis dan Minggu pukul 08.00 WIB.
Namun apabila anda menginginkan waktu tempuh yang lebih cepat anda bisa memilih BAHARI EXPRES dengan waktu tempuh kurang lebih 2 jam. Harga tiket BAHARI EXPRES adalah Rp. 84.000/orang, tetapi anda tidak bisa membawa kendaraan bermotor karena kapal ini tidak bisa mengangkut kendaraan bermotor.
Selamat berlibur, jangan lupa untuk mengabadikan setiap moment yang anda lewati dengan kamera anda..